Rabu, 17 September 2008

Pengantar Object Oriented

Pemrograman Berorientasi Objek atau dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP) merupakan konsep baru dalam pemrograman yang muncul dalam 10 tahun terakhir. OOP adalah cara pemrograman yang mendasarkan segala sesuatunya pada objek. Secara substansi OOP memiliki banyak keuntungan dibanding dengan pemrograman tradisional. Dan saat ini sudah banyak perusahaan mempunyai standarisasi untuk aplikasi baru mereka yang dapat diitegrasikan dengan konsep OOP. Oleh karena itu software Objek Oriented DBMS (OODBMS) sekarang banyak mulai bermunculan dan menyediakan tempat untuk penyimpanan datanya dalam bentuk berbasis objek.

Sebelum melihat lebih jauh tentang Object Oriented Programming (OOP) ada beberapa hal dari konsep OOP yang harus diketahui terlebih dahulu, diantaranya:
1.Object dan Class
Class merupakan sesuatu yang bersifat Abstrak, sesuatu yang menjelaskan struktur dari objek, sedangkan Objek adalah sesuatu yang riil, sesuatu yang merupakan perwujudan (instance) dari class. Pembuatan objek baru berart membuat sebuah instance baru dari seuah class. Oleh karena itu pembuatan sebuah objek sering dikenal dengan istilah instantiation. Sebagai analogi sederhana dapat diberikan contoh misalnya kendaraan sebagai pembanding. Katakanlah kendaraan adalah sebuah class. Class kendaraan ini tentunya memiliki sifat-sifat tertentu, seperti memiliki roda, pintu, bahan bakar, mesin dan lain-lain. Selain memiliki sifat kelas kendaraan juga dapat “mengerjakan” sesuatu, seperti berjalan maju, mundur, berhenti, dan belok. Semua yang disebutkan diatas merupakan struktur dari class kendaraan. Dengan adanya class kendaraan tersebut, kita dapat membuat sebuah instance dari class kendaraan, sebut saja misalnya sedan, truk, bus, dll. Seluruh struktur yang dimiliki oleh class kendaraan akan dimiliki pula oleh objek sedan.
2.Property, Method dan Event
Properti, metode dan event merupakan komponen-komponen pembentuk srtuktur dari sebuah class (sering juga disebut sebagai anggota dari class). Properti merupakan suatu informasi yang dapat disimpan oleh objek, metode merupakan sebuah aksi yang dapat dilakukan oleh objek, sedangkan event merupakan pemberitahuan yang dapat diterima oleh objek ataupun diberikan olehobjek ke objek lain.
3.Beberapa Istilah didalam OOP
a. Inheritance
Inheritance adalah suatu hubungan antar class dimana sebuah class diturunkan (inherits) dari class lainnya. Class hasil turunan disebut sebagai derived class atau subclass, sedangkan class yang merupakan induk disebut dengan base class atau superclass.
b. Polymorphisme
Proses penulisan ulang sebuah properti atau metode disubclass sehingga memiliki tugas yang berbeda dengan properti dengan nama yang sama pada super-classnya
c. Interface
Sebuah class yang metodenya tidak diimplementasikan atau didefinisikan
d. Encapsulation
Kemampuan untuk mendapatkan atau mengatur sekelompok item yang memiliki hubungan satu sama lain.


Tidak ada komentar: