Kamis, 23 Oktober 2008

Database Untuk Java

PostgreSQL

PostgreSQL (www.PostgreSQL.org) didisain untuk skala besar, memiliki ciri berorientasi objek, namun tetap dapat digunakan layaknya RDBMS pada umumnya. Para pengembangnya (dulu) mengutamakan kelengkapan feature ketimbang dukungan penuh akan standar SQL. Dalam perjalanannya, kelebihan feature ini justru membuat Postgres semakin powerful dan membuatnya dapat disejajarkan dengan database besar lainnya seperti Oracle. Salah satu contoh standar SQL yang belum dipenuhi oleh PostgreSQL saat ini (versi 6.5.3) adalah referential integrity dan outer-join. Meski demikian, programmer Postgres tetap merencanakan untuk membuatnya memiliki standar SQL yang sudah ditetapkan. Fasilitas standar lain yang telah didukung adalah trigger dan function.

Function dalam PostgreSQL sangat unik karena PostgreSQL tidak menetapkan built-in language untuk penulisan function. PostgreSQL menyerahkan kepada pemakai untuk memilih sendiri bahasa yang diinginkan yang disebut Procedural Language. Pada saat deklarasi function, Anda harus menyebutkan bahasa yang digunakan. Pada versi 6.5.3 procedural language yang tersedia adalah pgSQL dan Tcl. Jadi script function yang dideklarasikan akan diterjemahkan oleh library yang bersangkutan (tergantung bahasa yang dipilih) untuk selanjutnya library tersebut melakukan koordinasi dengan library PostgreSQL.

Tools yang tersedia cukup banyak dan sangat berguna seperti:

pg_dump: konversi objek database menjadi script SQL

pgaccess: drag & drop-nya cukup menyenangkan

PostgreSQL didukung oleh banyak bahasa (atau Postgres mendukung banyak bahasa?), antara lain: C++, Java, Perl, Tcl, PHP3 dan Python. Library untuk ODBC dan JDBC juga telah tersedia, sehingga bahasa lainnya yang mendukung keduanya dapat mengakses PostgreSQL. Source lengkapnya dapat Anda peroleh di situsnya, dan juga tersedia di distribusi Linux seperti SuSE, RedHat dan Mandrake.

MySQL

Ringan, begitulah kesan para pemakai database yang tergolong open-source ini. MySQL (www.mysql.org) tergolong database yang paling banyak digunakan untuk web database. Meski ia bukan SQL server yang sesungguhnya (tidak memiliki fasilitas untuk mendukung transaksi seperti begin transaction, commit, dan rollback), MySQL cukup cepat dan sangat banyak library serta contoh program yang dapat digunakan.

Komunitas Linux sangat familiar dengan produk ini. Namun tidak dianjurkan untuk aplikasi office seperti inventory, accounting dan aplikasi kritis lainnya. Karena dari ``niatan'' rancang-bangunnya berbeda, MySQL tidak bisa dibandingkan dengan database berbasis SQL lain seperti PostgreSQL atau Interbase.

MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan user. Untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari Postgresql dan lima kali lebih cepat ketimbang Interbase. Umumnya MySQL disertakan dalam distribusi Linux seperti SuSE, RedHat, Mandrake dan Slackware.

DB2

Sering disebut sebagai DB2 Universal Database. DB2 dari IBM juga telah komitmen untuk mendukung Linux dan telah mengembangkan beberapa tools demi kemudahan penggunanya. DB2 tersedia dalam berbagai platform dan tergolong VLDB (Very Large Database). Dukungannya terhadap Java secara penuh (Control Center - adminitration tool - tersedia dalam versi Java) membuatnya makin diterima oleh berbagai kalangan serta telah meraih sejumlah besar penghargaan (seperti yang telah dikeluarkan VARBusiness dan ComputerWorld). Meski cukup ``raksasa'', DB2 belum open-source dan sering dibandingkan dengan database komersial lainnya. Versi personal tersedia di www.software.ibm.com/data/db2/linux, dan dapat didownload secara cuma-cuma.

Oracle

Mayoritas para pengambil keputusan di bidang IT telah memahami bahwa produk ini cukup besar dan powerfull. Tergolong VLDB dan memiliki sejumlah besar tools yang sangat memudahkan para pengembang dalam membangun aplikasi bisnis. Di Linux, Oracle memiliki WebDB yang terintegrasi dengan Web Server Apache (www.apache.org). WebDB memudahkan programmer memanipulasi objek database seperti membuat database, user, sampai mencetak laporan. Semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan browser. Situsnya dapat Anda temui di www.oracle.com

Referensi

*www.linuxjournal.com

* www.zdnet.com

* www.db2.com





Tidak ada komentar: